4 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Agar Tangan Kembali Mulus



Beragam cara mengatasi tangan kapalan

Kulit yang terus-menerus mengalami gesekan bisa mengalami iritasi, bahkan kerusakan. Gesekan ini dapat berasal dari penggunaan alat musik, olahraga, penggunaan sepeda, atau pekerjaan yang banyak menggunakan tangan. Kulit Anda pun merespons hal tersebut dengan membentuk lapisan kulit ekstra yang keras untuk melindungi lapisan kulit di bawahnya.

Ciri khas dari kapalan adalah terbentuknya area kulit yang kasar dan menebal. Area kulit ini juga dapat terasa mengeras atau timbul menyerupai benjolan. Biasanya, kapalan lebih banyak terbentuk pada telapak kaki, tumit, mata kaki, lutut, dan telapak tangan. Ukuran dan bentuknya bisa bervariasi, tapi secara umum lebih besar dibandingkan mata ikan.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kapalan, terutama di bagian tangan.

1. Merendam tangan dengan air hangat

American Academy of Dermatology menyarankan cara menghilangkan kapalan di tangan dengan air hangat sebelum Anda mencoba metode lain. Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom dan rendam tangan Anda selama kira-kira 5-10 menit.

Setelah itu, keringkan tangan Anda menggunakan handuk. Lapisan kulit yang menebal akan melunak sehingga bisa disingkirkan dengan cara digosok. Lakukan cara ini secara rutin hingga kapalan pada tangan hilang seluruhnya.

2. Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang mengandung komponen antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat. Lalu, rendam tangan Anda hingga kulit yang tadinya kasar menjadi lunak.

Jangan merendam tangan Anda lebih dari 15 menit. Pasalnya, kandungan dalam minyak esensial ini sangat kuat dan justru dapat merusak lapisan kulit jika tangan Anda direndam terlalu lama.

3. Menggunakan produk mengandung asam salisilat

Cara ain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di tangan adalah dengan menggunakan produk mengandung asam salisilat. Bahan ini dapat menguraikan protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati. Karena fungsi inilah, asam salisilat dapat digunakan untuk mengatasi kapalan pada tangan.

Produk-produk mengandung asam salisilat biasanya berbentuk krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit. Saat digunakan, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah.

4. Merendam tangan dalam larutan garam epsom

Disebut juga sebagai magnesium sulfat, garam epsom terbuat dari senyawa kimia mengandung magnesium, belerang, dan oksigen. Produk ini biasanya digunakan dengan cara mencampurkannya ke dalam air untuk berendam.

Garam epsom adalah eksfoliator alami yang dapat membuang sel-sel kulit mati. Untuk menggunakannya, campurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air. Kulit tangan yang mengalami kapalan lama-kelamaan akan melunak dan Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Anda dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan kapalan secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Namun, Anda tetap harus mengikuti instruksi pemakaian untuk mencegah efek samping pada kulit akibat penggunaan yang salah atau berlebihan. Jangan pula memotong lapisan kulit yang kapalan karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit.

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-menghilangkan-kapalan-di-tangan/