Cara Mengatasi Mata Memerah Karena Kemasukan Benda



Mata sering dianggap sebagai jendela hati. Tentu saja siapa pun tidak mau matanya memerah dan terasa tidak nyaman. Tidak perlu panik karena mata merah seharusnya bisa diatasi. Mata merah merupakan salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Mata terasa perih dan tiba-tiba memerah. Akibatnya muncul rasa tidak nyaman. Tak jarang, ini memicu orang untuk mengucek mata. Perubahan kondisi mata menjadi merah bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya pelebaran pembuluh darah di permukaan mata.

Cara Mengatasi Mata Memerah Karena Kemasukan Benda
Cara Mengatasi Mata Memerah Karena Kemasukan Benda

Biasanya hal itu dipicu oleh benda asing yang masuk ke mata. Itu merupakan penyebab mata merah paling umum. Namun, konjungtivitis bisa pula mendorong mata memerah. Konjungtivitis merupakan peradangan yang terjadi di konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Ketika terjadi peradangan di pembuluh darah kecil di konjungtiva, bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan terlihat merah atau merah muda. Selain konjungtivitis, terkena alergi dapat memicu mata merah. Alergi bermacam-macam.

Ada orang yang matanya bisa teriritasi oleh tepung sari. Zat alergi lain dapat berupa jamur atau partikel kecil dari binatang. Ada mata orang yang sensitif sehingga ketika terkena langsung teriritasi. Blefaritis juga dapat memicu mata memerah. Ini merupakan peradangan pada kelopak mata yang memicu bengkak dan merah. Kondisi ini mendorong mata terasa gatal, perih, lengket, hingga terasa seperti kemasukan pasir.

Adapun hal terakhir yang dapat menghadirkan kondisi mata merah adalah Subconjunctival hemorrhage. Ini terjadi karena ada darah akibat pembuluh darah kecil di antara konjungtiva dan sklera pecah. Banyak hal yang bisa memicunya. Benturan keras atau bahkan bersin dapat menghadirkan Subconjunctival hemorrhage. Namun, gangguan darah tinggi atau konsumsi obat pengencer darah dapat pula menjadi penyebab.

Biasanya mata merah biasanya bukanlah masalah serius. Gangguan ini dapat diatasi dengan penanganan yang tepat. Ketika mengalami, bisa dilakukan beberapa hal seperti mengompres mata yang memerah. Ambil air hangat lalu masukkan handuk ke sana. Kompres mata selama sekitar sepuluh menit. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah ke mata dan merangsang cairan di kelopak mata. Dua hal itu berguna untuk menambah pelumasan.

Kalau belum berhasil meredakan mata merah, bisa pula memakai air dingin untuk mengompres. Lakukan hal serupa dengan handuk. Pengompresan dengan air dingin seperti ini bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal.

Selain mengompres, bisa pula memanfaatkan obat tetes mata. Cari yang berkualitas dan mengandung artificial tears. Ini adalah kandungan yang mirip dengan air mata manusia. Biasanya artificial tears terbuat dari larutan garam yang dapat menjaga tekanan osmotik pada mata seperti sodium chloride (NaCl) dan potassium chloride (KCl). Artificial tears berguna untuk membasahi mata. Dengan ini, mata tidak akan kering sehingga mata merah dapat diatasi.

Langkah ini merupakan penanganan secara cepat. Namun, lebih baik menjaga diri agar tidak mengalaminya. Pastikan selalu berhati-hati dan melindungi mata dari ancaman debu maupun alergen. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu memakai kacamata.

Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan rajin mengonsumsi air putih. Dipaparkan oleh Healthline, makanan olahan, dairy foods, serta makanan cepat saji dapat memicu mata merah. Usahakan untuk mengurangi konsumsinya.